Gambar Desain Rumah/ Villa / Cottage


Tanah yang akan dibangun luasnya 200m2, dengan bentuk lahan trapesium. Meskipun tidak bertemu langsung dengan pemilik, survey tetap kami lakukan. Karena bagi kami tahap ini tidak boleh dilewatkan, apalagi diabaikan (klik). Pemandangan ke arah Barat Laut atau sudut belakang rumah sunggu fantastik yaitu gunung yang menjulang tinggi. Nah pemandangan seperti ini tentu tidak boleh di sia-siakan.

Setelah diskusi (via email) tentunya klien sepakat untuk memakai salah satu lay-out atau denah rumah mungil 2 lantai seluas 130 m2. Lihat gambar denah lantai 1 dan lantai 2 berikut ini. (Gambar lebih besar silakan klik di sini dan di sini)

Perhatikanlah teras baik di lantai 1 maupun lantai 2 adalah bagian dari upaya optimal untuk mengakses pemandangan nan menakjubkan. Selain itu, ruang yang lapang, dengan jendela yang banyak dan tembok yang sesedikit mungkin menjadi concern kami. Maklumlah, rumah atau villa yang akan disinggahi sekali-sekali, dapat dimanfaatkan untuk kangen-kangenan keluarga besar.

Di bagian teras belakang, kami juga buatkan kolam ikan dan di desain ada air mancur dari lantai 2 yang akan menjadi seperti tirai air, agar pemandangan gunung menjadi makin eksoktis.

Kalau Anda cermati betul layout rumah dalam gambar di atas, kelihatan betul kami sudah memperhatikan interior rumah sejak awal: island di dapur dengan akses ke teras yang dapat dimanfaatkan untuk sarapan pagi, credensa mungil di antara ruang tamu dan ruang makan plus lampu hias. Last but not least, penataan lemari built in di kedua ruang tidur di lantai 2, menciptakan ruang tidur yang akan berkesan lapang.

Selain itu, service area kami buat terpisah dari bangunan utama. Pertimbangannya, kalau si empunya rumah berada nun jauh di seberang lautan, rumah tetap dapat ditinggali penjaga, dengan akses yang terbatas.

Nah dari layout yang sudah disepakati itu, kami melangkah untuk membuat tampak rumah (fasade). Diskusi yang panjang membawa kami pada empat alternatif tampak yang kami sajikan di bawah ini. Mulai dari tampak dengan aksen etnik (alternatif 1), minimalis modern (alternatif 2) sampai dengan aksen colonial pada atap dengan kemiringan 45 derajat alternatif 3).

Gambar Desain Tampak Rumah Alternatif 1 (Untuk melihat gambar lebih besar klik di sini)

Gambar Desain Rumah Alternatif 2 (Gambar Lebih besar klik di sini)

 

Gambar Desain Rumah Alternatif 3 (Gambar Lebih besar klik di sini)

 

Pilihan jatuh pada alternatif 4, yaitu desain rumah dengan aksen simpel, elegan. Nah sampai di tahap ini, kami coba buatkan dengan sketsa 3 Dimensi menggunakan program sketchup yang dapat Anda download gratis dari Google. Tiga sudut perspektif kami tampilkan di bawah ini

Gambar Desain Rumah: Tampak Muka (fasade)(Gambar Lebih besar klik di sini) .


Gambar Desain Rumah Tampak Samping Luar (fasade).(Gambar Lebih besar klik di sini)


Gambar Desain Rumah Tampak Samping Dalam (fasade)(Gambar Lebih besar klik di sini)

 

Kami memilih menggunakan sketchup karena relatif cepat, juga karena belum sampai tahap final. Pada penahapan akhir, gambar tersebut akan ditampilkan dengan program 3Dmax, Oh ya, dengan Sketchup Anda dapat mulai mendesain rumah sendiri lho, silakan search di google dan download kalau mau mencobanya.

Gambar di atas belumlah akhir dari proses desain, karena ketika saya menulis ini, masih ada catatan perbaikan dari mbak Olly misalnya soal bukaan jendela ke samping agar kesan lega semakin maksimal. Ornamen batu alam dibuat lebih menonjol di berbagai dinding rumah.

Kalau saya bersharing di tengah proses desain, tujuan saya sederhana. Bercerita, bagaimana kami mendesain dengan hati, dengan cinta. Dan mudah-mudahan Anda jadi tahu proses desain membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Karena setelah tampak disepakati, kami masih harus mengerjakan detail arsitektur (baca tip 16), detail struktur (tip 18) dan tentu saja RAB atau rencana anggaran biaya (tip 19).

One thought on “Gambar Desain Rumah/ Villa / Cottage

  1. Ping-balik: ANNAHAPE STUDIO Desain Rumah: Desain Interior + Arsitektur Rumah « mariantoblog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s